27 September, 2016

PBM Matematika Iwan Sumantri Di Muat di HU Pikiran Rakyat

PBM Matematika Iwan Sumantri Di Muat di HU Pikiran Rakyat
Oleh: Iwan Sumantri

Ketika di LKG Tingkat Nasional 2015
Kamis,27 September 2016 Harian Umum Pikiran Rakyat sebuah koran warganya Jawa Barat memuat PBM Matematika Iwan Sumantri untuk kesekian kalinya. Rasa senang dan bangga tentunya wajar dirasakan oleh sang Guru Iwan Sumatri. 

Dengan bermodalkan Pembelajaran yang selalu inovatif seperti Strategi Pembelajaran Flipped Classroom dengan "BEL ME LOG TWEET TEL" (Belajar Melalui Blog dan Twitter serta Telegram), memanfaatkan media Quipperschool, Soal Online dan dunia medsos lainnya (seperti Edmondo,Soal Online) mengantarkan PBM Matematika Iwan Sumantri di Lomba Kreatifitas Guru Tingkat Nasional tahun 2015, menjadi juara 1 PTK Inovatif tahun 2016 tentunya menjadi kebanggan dan prestasi tersendiri buat sang guru.

Itulah buah dari memanfaatkan teknologi di abad 21. Guru harus Melek akan Teknologi (ICT), akan terasa nanti jika para guru tidak mengikuti kemajuan teknologi (ICT).

Belajar BRSL dengan Buah JERUK

Belajar BRSL dengan Buah JERUK
Oleh: Iwan Sumantri

Belajar Matematika itu bisa menyenangkan, menarik dan menantang. Buktinya, Kamis 27 September 2016, pembelajaran Matematika Iwan Sumantri mencoba membuat kreasi dan mengembangkan pembelajaran Matematika dengan materi  pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk mencari Luas Bola dengan bantun media/alat sebuah Jeruk....ya....buah JERUK yang biasa kita konsumsi setiap hari.

Dengan persiapan dan penyediaan alat serta bahan yang diperlukan seperti lem,gunting,kertas gambar,jangka,alat tulis dan tentunya Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah disiapkan sebelumnya....kegiatan dimulai dengan apersepsi dan syarat pengetahuan bahwa para siswa telah mengetahui mencari Luas Lingkaran sebelumnya....semua petunjuk dan cara kerja telah tertuang di LKS.

Ternyata respon siswa positip menanggapinya....dengan kelompok masing-masing siswa berkreasi...teliti...berpikir...disiplin akan waktu...dan tentunya mencari pengalaman langsung dengan membuktikan bahwa Luas Bola = 4 x Luas lingkaran yang pada akhirnya siswa menemukan sendiri bahwa Luas Bola selalu = 4 x Luas Lingkaran.

LKS yang telah di buatkan Sang Guru
Ternyata dengan pembelajaran seperti ini...daya ingat dan pengalaman siswa akan terbangun bahwa Luas Bola (buah Jeruk) = 4 x lingkaran, dan mudah-mudahan ini jadi pengalaman yang tak akan terlupakan selama mereka belajar matematika.

Awal pembelajaran saat mereka praktek tentunya ada kendala dan hambatan, manakala merekan belum paham apa yang akan mereka lalukan. Dengan bantuan dan arahan dari Sang Guru, mereka akhirnya memahami dan bisa mengerjakan sesuai dengan apa yang sudah dipandu dan difasilitasi oleh sang Guru.

Hasil mereka dari berdiskusi dan belajar bersama terekam dalam foto-foto dibawah ini. Semoga aktifitas pembelajaran Matematika dengan buah JERUK ini bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi Pembelajaran Matematika....Membangun mindset siswa bahwa Matematika itu menarik...tidak Sulit dan tidak Menakutkan !!


22 September, 2016

Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga, Untuk Jantung Sehat


Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga, Untuk Jantung Sehat
Oleh : Iwan Sumantri

Salah satu sekolah menengah di Kabupaten Sukabumi adalah SMP Negeri 3 Cibadak, dimana sekolah ini tempat saya mengajar,mendidik dan melatih para siswa. SMP Negeri 3 Cibadak, selain menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN), Sekolah Berbudaya Lingkungan juga merupakan Sekolah Sehat dan Sekolah Kelas Olahraga Nasional.

Guna menyamakan persepsi tentang Sekolah Sehat dan Sekolah Kelas Olahraga , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Pedoman Gerakan Sekolah Sehat dan Sekolah Kelas Olahraga yang di dalamnya berisi  Standar Sekolah Sehat dan Kelas Olahraga.


Sehat adalah keadaan badan dan jiwa yang baik. Artinya, sesuatu dikatakan sehat jika secara lahiriah, batiniah, dan sosial berjalan secara normal dan baik, sehingga memung­kinkan sesuatu dapat produktif, baik secara sosial maupun ekonomis.  Jika hal ini dikaitkan dengan lem­baga pendidikan, maka sekolah sehat dapat dimaknai seba­gai lembaga pendidikan yang memiliki unsur-unsur yang baik (normal) secara lahiriah (jasmani) dan batiniah (rohani).

21 September, 2016

Selfie dan Celoteh Siswa di Pembelajaran BEL ME LOG TWEET Ala ONE SM

Selfie dan Celoteh Siswa di Pembelajaran BEL ME LOG TWEET Ala ONE SM
Oleh : Iwan Sumantri (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

Pembelajaran matematika kelas IX di SMP Negeri 3 Cibadak telah memasuki bulan ke -2 sejak KBM dilaksanakan. Tak seperti pada tahun pelajaran sebelumnya, tahun pelajaran 2015/2016 proses pembelajaran matematika kali ini mencoba dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dengan BEL ME LOG TWEET (Belajar Melalui Blog dan Twitter).

Secara singkat, “Flipped Classroom” adalah konsep yang berprinsip untuk menukarkan kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan di kelas seperti penjelasan-penjelasan guru  melalui presentasi di kelas, dengan kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan di luar kelas seperti mengerjakan pekerjaan rumah (pe-er). Dalam penerapannya, guru dapat merekam atau meng-konversi materi-materi yang biasa dijelaskan di depan kelas menjadi materi berbentuk digital (dokumen PDF, video, audio/podcast) sehingga dapat ditempatkan secara online untuk diakses pembelajarnya atau dikemas dalam CD-Rom/DVD-Rom untuk dipelajari pembelajarnya. Siswa akan diminta untuk mempelajari materi-materi tersebut sebelum pembelajaran dikelas dimulai sehingga pada saat berada di dalam kelas, para siswa akan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran aktif (contohnya diskusi, simulasi, atau pengerjaan soal-soal latihan) dan guru akan menjadi fasilitator untuk melancarkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas tersebut. Dengan pengaturan ini, diharapkan agar materi yang diajarkan dapat diserap dengan lebih baik oleh siswa.


Berikut beberapa aktifitas siswa yang bisa terekam melaui akun twitter @onesmmat yang di berikan kepada siswa dan memfollownya :

1) Selfi Siswa Kelas 9A bisa dilihat disini
2) Selfi Siswa Kelas 9B bisa dilihat disini
3) Selfi Siswa Kelas 9C bisa dilihat disini
4) Selfi Siswa Kelas 9D bisa dilihat disini
5) Selfi Siswa Kelas 9G bisa dilihat disini
6) Selfi Siswa Kelas 9H bisa dilihat disini

Celoteh dan curat coret para siswa tentang bagaimana belajar dengan BEL ME LOG TWEET bisa di simak :

1) Celoteh Siswa Kelas 9A bisa disimak disini
2) Celoteh Siswa Kelas 9B bisa disimak disini
3) Celoteh Siswa Kelas 9C bisa disimak disini
4) Celoteh Siswa Kelas 9D bisa disimak disini
5) Celoteh Siswa Kelas 9G bisa disimak disini
6) Celoteh Siswa Kelas 9H bisa disimak disini

Video Hasil Kreatif Siswa saat melaporkan pembelajaran BEL ME LOG TWEET berikut ini :



Itulah proses pembelajaran yang mudah-mudahan sesuai dengan era abad 21 yang serba kreatif, inovatif dan mengikuti jaman !

12 September, 2016

Proses Pembelajaran Abad 21 dengan "BEL ME LOG TWEET"

Proses Pembelajaran Abad 21 dengan "BEL ME LOG TWEET"
Oleh : Iwan Sumantri (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)


Tantangan Pendidikan Era  21 menurut rektor UPI yang merangkap sebagai Ketua Majelis Eksekutif Asosiasi LPTK Indonesia Bapak Sunarto Kartadinata adalah (1) Komunitas manusia menjadi satu; (2) Keterpaduan hidup,belajar dan bekerja; (3) Keunggulan Individualistik dan Partisipatoris; (4) Belajar Sepanjang dan sejagat Hayat; (5) Individu Warga masyarakat masa depan :-mengahrgai keragaman,- karakter dan ketaqwaan,- kecakapan hidup,- penguasaan ilmu dan teknologi; (6) Pendidikan Bermutu dan Pendidikan Guru. 

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk itu setiap waraga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama, dan gender. Pemerataan dan mutu pendidikan akan membuat warga negara memiliki keterampilan hidup (life skill) sehingga memiliki kemampuan mengenal dan mengatasi masalah diri dan lingkungannya, mendorong tegaknya masyarakat madani dan modern yang dijiwai nilai-nilai Pancasila.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Bab. I Pasal 1 ayat (1) menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Potensi diri yang dikembangkan diharapkan dapat menjawab setiap permasalahan dan tantangan pada zamannya. Atas dasar tersebut diatas, saya mencoba melaksanakan proses pembelajaran di era 21  ini dimana sarana teknologi yag sudah memadai dan begitu maju serta serta digital yaitu dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dengan "BEL ME Log Tweet" (Belajar Melalui Blog dan Twitter) pada proses pembelajaran matematika.

Bagaimana penerapannya?
1) Siswa belajar di rumah dengan video-video pembelajaran yang sebelumnya di siapkan oleh guru

2) Video-video tersebut bisa di download di Blog Pribadi Guru ( PBM Matematika Iwan Sumantri / http://iwansmtri.blogspot.co.id/2015/07/video-pembelajaran-ala-one-sm.html) atau di youtube dengan url https://www.youtube.com/user/iwansmtri 

3) Siswa belajar di rumah dengan video-video tersebut sesuai dengan materi yang akan di pelajari di kelas
(Flipped Classroom)

4) Guru dan siswa melaksanakan proses pembelajaran di kelas sessuai RPP dan skenario pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru.

5) Tugas dan Pekerjaan rumah para siswa di kirimkan ke akun Twitter @onesmmat dengan hastag

  • #Tugas19ASMPN3 
  • #Tugas19BSMPN3 
  • #Tugas19CSMPN3 
  • #Tugas19DSMPN3 
  • #Tugas19GSMPN3 
  • #Tugas19HSMPN3 
dan seterusnya sesuai dengan tugas tinggal mengganti 1 dengan 2, untuk bisa melihatnya harus memiliki akun twitter.


Berikut aktifitas siswa dalam proses pembelajaran Flipped Classroom dengan "Bel Me Log Tweet" tersebut :
1) Video Pembelajaran ada disini
2) Kumpulan Tugas siswa ada disini : (untuk bisa melihatnya harus memiliki akun twitter)
3) Aktifitas siswa belajar di rumah bisa di lihat disini :
4) Kesan pesan para siswa selama proses pembelajaran bisa di lihat disini:
Demikian sekilas tentang proses pembelajaran sederhana yang memanfaatkan teknologi ICT di era 21 saat ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi !

Fitur-Fitur Pada Moda Daring Guru Pembelajar

Fitur-Fitur Pada Moda Daring Guru Pembelajar
Oleh: Iwan Sumantri

Bapak/Ibu guru berikut saya mencoba berbagi sesuatu / fitur-fitur yang ada pada moda daring yang di dapat dari infokemendikbud.com. Mudah-mudahan bermanfaat, selamat belajar dan menyimak !

LMS (Learning Manajemen Sistem) guru pembelajar moda daring merupakan sistem yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran bagi peserta guru pembelajar moda daring (dalam jaringan). Dalam LMS (Learning Manajemen Sistem) guru pembelajar moda daring terdapat beberapa ikon fitur yang harus diketahui oleh peserta pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring.
Fitur LMS Guru Pembelajar yang Harus Diketahui Peserta Guru Pembelajar Moda Daring
Berikut adalah fitur beserta ikon yang terdapat dalam LMS (Learning Manajemen Sistem) guru pembelajar moda daring :

1. Lesson
Lesson merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan konten dan atau variasi kegiatan pembelajaran pada Guru Pembelajar Moda Daring. Lesson pada kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring ini diberi nama “Kegiatan” dilanjutkan dengan nomor dari sesi dan urutan Kegiatannya (contoh: “Kegiatan 1.2” Artinya Sesi 1 Lesson ke-2 ).
Dalam Lesson berisi tentang materi pembelajaran yang terdiri dari teks dan gambar. Lesson juga bisa berisi quiz atau pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta pada topik pembelajaran tertentu. 

08 September, 2016

Video Pembelajaran Flipped Classrom Ala One SM

Video Pembelajaran Flipped Classrom Ala One SM
Oleh: Iwan Sumantri

Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang “membalik” metode tradisional, di mana biasanya materi diberikan di kelas dan siswa mengerjakan tugas di rumah. Konsep Flipped Classroom  mencakup active learning, keterlibatan siswa, dan podcasting. Dalam flipped classroom, materi terlebih dahulu diberikan melalui video pembelajaran yang harus ditonton siswa di rumah masing-masing. Sebaliknya, sesi belajar di kelas digunakan untuk diskusi kelompok dan mengerjakan tugas. Di sini, guru berperan sebagai pembina atau pemberi saran Dengan bermodalkan sebuah blog pribadi ( PBM Matematika Iwan Sumantri  http://iwansmtri.blogspot.com atau http://iwansmtri.blogspot.co.id dan web mobile http://iwansumantri.xtgem.com) , metode pembelajaran di kelas dengan menerapkan  model pembelajaran Flipped Clasroom (pembelajaran terbalik) dengan memanfaatkan blog dan web mobile tersebut (Bel Me Log Tweet/ Belajar Melalui Blog dan Twitter).

Berikut sebuah dokumentasi video pembelajaran penerapan model Flipped Classroom dengan "Bel Me Log Tweet" Ala One SM.
Semoga bermanfaat :